All About Computer

Tips dan Cara Merawat Printer Yang Benar


Tips dan Cara Merawat Printer Yang Benar
Tips dan Cara Merawat Printer. Printer buat sebagian orang bisa saja menjadi sangat penting. Karena benda elektronik yang sebenarnya relatif murah namun penggunaannya sangat dibutuhkan dalam hal mencetak ini cenderung harus hati-hati dalam penggunaan dan perawatan. Lebih baik merawat dari pada mengobati juga bisa kita berikan pada printer yang kita miliki.
Entah Printer Canon, Epson, Brother atau merk lainnya. Perlu kita perhatikan di dalam penggunaan serta perawatannya. Hal ini tentu saja agar printer kita bisa bekerja optimal serta umur printer agar lebih lama (awet). Berikut ini merupakan beberapa Tips dan Cara Merawat Printer Yang Benar. Beberapa tips dan cara ini saya ambil dari pengalaman pribadi saja. Jika anda memiliki tips lain boleh ditambahkan lewat kolom komentar.

Tips dan Cara Merawat Printer Yang Benar:
  1. Gunakan printer anda setiap hari. Maksud saya di sini bukan melakukan print secara terus menerus dalam jumlah banyak. Anda dapat melakukan print satu lembar saja atau secukupnya. Intinya di sini adalah agar tinta anda tidak membeku di cartridge. Tips. Langkah sederhana adalah dengan cara melakukan Test Print. Dengan Test Print ini maka semua warna yang ada akan ikut bekerja. Jika terpaksa sudah membeku, Anda dapat mencairan tinta yang membeku tersebut dengan mencelupkan head cartridge ke dalam air hangat sampai tinta berhasil keluar. Agar lebih yakin setelah anda rendam sedikit head cartridge ke dalam air hangat tersebut. Lap dengan tissu kemudian setelah kering lap lagi dan lihat apakah tinta sudah keluar dengan lancar. (JANGAN SAMPAI AIR MENGENAI KUNINGAN CONNECTOR CARTRIDGE. BIASANYA DITANDAI DENGAN TITIK-TITIK/BALOK KEEMASAN. Hal ini akan menyebabkan terjadinya konsleting pada catridge)
  2. Setelah dipakai ada baiknya semua lubang kertas baik yang masuk atau pun keluar di tutup dengan benar. Hal ini untuk menghindari benda asing atau pun debu masuk pada printer anda. Aku pernah mengalami hal ini yaitu ada kecoa masuk lewat lubang keluarnya kertas dan kecoa tersebut ikut keluar saat melakukan print. Satu lagi pada Printer Epson T1100 yang tidak mau menarik kertas atau pun kekuatan tarikan berkurang karena debu. Tips: Tutup setelah tidak digunakan. Jangan biasakan menaruh kertas banyak di dalam lubang masuk printer agar tidak malas untuk menutup. Jika sudah terlanjur kemasukan debu. Tiup dengan alat tiup seadanya atau tiup manual. Jika menarik kertas ada kesulitan atau melambat. Bersihkan dan tiup sekitar motor penarik kertas. Berikan sedikit air pada roda penarik kertas dan gunakan kertas bekas untuk mencoba test print. Hal ini akan membersihkan debu yang sudah terlanjur menempel di roda penarik kertas. Gunakan sedikit air saja, jangan terlalu banyak. Apalagi sampai meluber ke dalam printer.
  3. Pergunakan kertas di dalam lubang masuk printer secukupnya. Selain agar tidak malas untuk menutup setelah digunakan. Hal ini juga agar tidak terjadi slip karena roda penarik tidak punya cukup ruang untuk menarik kertas serta agar kertas tidak melipat di dalam. Tips: Gunakan 3 sampai 5 kertas saja.
  4. Biasakan untuk mencetak dalam batas wajar. Printer memiliki jumlah batas cetak dan batas cetakan per cetakan. Maksudnya di sini, jika anda ingin mencetak banyak. Usahakan agar mencetak secara sedikit demi sedikit. Hal ini untuk menghindari keausan di head cartridge. Tips: Jika mencetak 100 lembar. Cetaklah 10-20 per cetakan. Istirahatkan sebentar baru dipergunakan lagi.
  5. Usahakan selalu mengocok kertas sebelum digunakan. Hal ini bertujuan agar kertas tidak ikut masuk dalam jumlah banyak.
  6. Setelah menghidupkan printer, biasakan untuk membiarkan printer tersebut sejenak sebelum digunakan. Apalagi jika sebelumnya printer mati secara tidak wajar (Mati Lampu)
  7. Biasakan mematikan printer lewat tombol power setelah printer sudah tidak digunakan. Perhatikan dahulu apakah printer sudah tidak bekerja (Cleaning) dan tempat cartridge sudah kembali ke tempat asal.
  8. Pakai tinta yang bagus atau tinta yang sudah direkomendasikan agar hasil cetakan bisa lebih bagus dan cartridge lebih awet.
  9. Isi tinta jika kelihatan sudah hampir habis. Untuk tinta infus, aku biasanya tidak sampai membiarkan isi tinta di bawah setengah tabung. Entah anda percaya atau tidak, namun jika aku membiarkan hal tersebut. Maka printer epson T1100 yang aku pakai sering error pada cartridge.
  10. Jangan sembarang mencoba memperbaiki sendiri. Pernah teman saya yang kurang begitu mengerti dengan sengaja mencoba memperbaiki sendiri. Namun malah patah pada bagian sensor penutup printer. Tips: Jika anda memang mencoba memperbaiki sendiri, carilah referensi terlebih dahulu sedetail mungkin. Agar tidak terjadi kesalahan pada perbaikan.
  11. Jangan pernah menyentuh chip, sensor atau pun benda yang kelihatan sangat sensitif pada printer. Hal ini akan menyebabkan printer tidak bekerja secara normal. Seperti jika sensor kotor maka hasil cetakan terkadang tidak bisa merata.
  12. Gunakan kertas yang sesuai dengan printer. Terkadang ada beberapa printer yang sensitif jika diberikan kertas terlalu tipis atau tebal.
Itulah beberapa Tips dan Cara Merawat Printer Yang Benar menurut Saya. Jika anda memilii tips lain silahkan tinggalkan komentar Anda. Semoga artikel Tips dan Cara Merawat Printer Yang Benar ini bermanfaat.


Related Post:

:: Get this widget ! ::

Acep Derby Yudha AnggaraDitulis Oleh : Acep Derby Yudha Anggara

Artikel Tips dan Cara Merawat Printer Yang Benar, diterbitkan oleh Acep Derby Yudha Anggara pada hari . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar-luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya, dan baca peraturan Disclaimer sebelum copy-paste.

:: Get this widget ! ::

Ditulis oleh: Acep Derby Yudha Anggara -

3 komentar untuk "Tips dan Cara Merawat Printer Yang Benar"

  1. wahhh bagus banget nie sob informasinya jadi tau sekarang

    sambil folow nie ya #9
    di tunggu nie folow baliknya makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-Sama Sob
      Jangan lupa kunjungann dan Sarannya buat blog ane

      Delete

Pepatah Mengatakan " Masa Depan Bangsa Ada Di Tangan Para Pemudanya "
Maka Komentarlah Dengan Baik Agar Bisa Membangun Blog Ini Dengan Baik
Dan kami mohon kepada pengunjung blog yang baik hati ini untuk join di blog ini tinggal klik DISINI
#No Spam
#No Sara